Blab #11 : Belajar Memahami Fakta

Standar

Kenapa saya ingin menulis ini? pertama, mengingatkan saya sendiri, kedua, banyak dari kita, jarang memahami fakta dengan sempurna, entah karena media yang memang sering mengubah fakta, atau kita yang kurang mau mencari tahu.

Belajar memahami fakta itu penting, why? simple, tanpa fakta yang jelas suatu masalah tidak bisa dinilai secara jelas, yang bisa berujung pada petaka.

Memangnya kenapa kalau tidak tahu fakta? Untuk memudahkan mari kita ambil contoh. Seorang hakim tidak bisa menetapkan hukuman sebelum tahu permasalahan yang diperbuat tersangka, betul atau salah? Seorang dokter tidak bisa memberikan obat tanpa tahu penyakit pasiennya, betul atau salah? Terakhir, seorang mujtahid tidak bisa menentukan hukum syara’ tanpa tahu fakta perbuatan yang akan ditentukan hukumnya, betul atau salah?

Jelas?

Tapi paham fakta juga tidak hanya sekedar tahu, karena tidak semua fakta baik ucapan atau benda itu asli. Ambil contoh yang ada di paragraf ke 3, ketika seorang hakim tahu permasalahannya, dan ada 2 kesaksian yang berlawanan, maka kebutuhan tentang kebenaran “fakta” yang disampaikan saksi adalah jelas.

Maka jelaslah tentang pentingnya memahami fakta, apalagi seorang muslim kita dituntut untuk tidak gegabah dan tidak bertindak sesuai hawa nafsu. Untuk itu marilah memahami fakta dari sebuah informasi dengan jelas, dan tepat.

link asli

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s